Hasil Liga 1 2023 – 2024 pekan ke-13. Arema FC vs Persebaya Surabaya 1 – 3

AREMA CRONUS – Pada laga Derby Jatim antara Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya di pekan ke-13 Liga 1 2023 – 2024, Sabtu (23/9/23) lalu. Singo Edan kalah dengan skor 1-3 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Kekalahan ini mematahkan trend positif Arema yang tidak terkalahkan di 4 laga berturut-turut.

Sejak pertandingan dimulai Persebaya Surabaya terlihat lebih mendominasi dengan terus berusaha untuk menggempur lini pertahanan Arema FC. Pada menit ke-27 akhirnya pertahanan Singo Edan jebol akibat kesalahan dari Syaiful Anwar ketika bek Arema tersebut berusaha membangun serangan, bolanya malah dicuri oleh Bruno Moreira yang kemudian menggiring bola masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan bola melengkung ke tiang jauh hingga tak bisa dijangkau Julian Schwarzer. Keunggulan untuk Persebaya 0 – 1.

Kemudian beberapa menit sebelum babak pertama usai, pasukan Bajul Ijo kembali menambah keunggulan mereka berkat sundulan maut Dusan Stefanovic yang langsung bersarang tanpa ampun di gawang Arema. Persebaya memimpin 0 – 2 pada babak pertama.

Seolah tidak diberi kesempatan, pada babak kedua tempo bermain Persebaya tidak melambat malah kian menyerang. Hanya empat menit berselang babak kedua berjalan, tendangan voli Ze Valente meluncur masuk ke gawang Arema tanpa bisa dihentikan. Skor menjadi 0 – 3 untuk Persebaya.

Bagusnya meski hampir kalah telak, pasukan Singo Edan tidak patah semangat. Dedik  Setiawan dkk. tetap berusaha membangun serangan dan menciptakan kesempatan-kesempatan untuk mengejar ketertingalan. Alhasil pada menit ke-65, sepakan kencang Dendi Santoso berhasil diselesaikan dengan apik oleh Dedik Setiawan.  Skor berubah menjadi 1 Р3. Namun sayangnya tidak berubah hingga pertandingan berakhir.

Usai pertandingan, Fernando Valente membeberkan bahwa lini pertahanan Arema FC masih jauh dari kata sempurna karena kebanyakan dari mereka adalah pemain muda yang minim pengalaman. Dan lini tengah juga dinilainya minim kreatifitas. Kedua hal inilah yang menjadi pekerjaan rumahnya menjelang laga berikutnya yakni melawan PSS Sleman.