«

»

Dari Mana Ide Piala Menpora?

Arema Cronus — Titel Piala Menpora 2021 merupakan ajang pramusim klub-klub Shopee Liga 1 dan dua klub Liga 2. Itu merupakan usul Ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Piala Menpora rencananya akan digelar mulai 20 Maret mendatang hingga 25 April. Pesertanya adalah 18 klub Shopee Liga 1 dan dua klub Liga 2.

“Ketua Umum PSSI sudah meminta izin untuk memakai nama Menpora buat nama turnamen pramusim. Saya tidak tahu pertimbangan PSSI dan PT LIB, tetapi sekarang ini suasananya tidak normal, kalau dulu kan suasana normal,” kata Menpora Zainudin Amali, Kamis (18/2/2021).

“Mungkin saja tujuan PSSI memberi titel itu supaya kami (Kemenpora) ikut terlibat memantau, mengevaluasi apalagi sekarang izin tidak mudah untuk kita dapatkan karena situasi COVID-19 ini,” ujarnya menambahkan.

Amali setuju-setuju saja dengan usulan Iriawan. Kebetulan ia juga mau ikut terlibat dalam pengawasan jalannya turnamen ini.

Terlebih, turnamen pramusim ini juga menjadi ajang percobaan apakah sepakbola bisa berjalan dengan kedisiplinan suporter. Sebagaimana diketahui, PSSI dan PT LIB mau sepakbola digelar tanpa penonton, sebagaimana syarat dari Polri.

“Kami akan melihat apakah PSSI, PT LIB, klub dan suporter bisa disiplin dengan SOP yang sudah disepakati. Kalau itu oke tentu akan mudah untuk melaksanakan kompetisi (Shopee Liga 1 dan Liga 2),” tutur Amali.

“Turnamen pramusim diharapkan bisa terselenggara dengan baik tanpa masalah. Semoga tak ada hal-hal signifikan sehingga tidak memberikan masalah untuk dikeluarkannya izin kompetisi,” ucap politikus Partai Golkar itu.