«

Jersey Spesial Ultah Arema Dirilis, Muncul Pro dan Kontra Aremania

AremaCronusArema FC sudah merilis penampakan jersey spesial edisi ulang tahun ke-33. Jersey dengan warna biru gelap dan kombinasi putih di bagian leher dan ujung lengan itu dijual dengan preorder seharga Rp500 ribu.

Ada tiga logo yang tertempel di dada kiri. Di bagian tengah ada bayangan Aremania yang memberikan dukungan di tribune stadion. Pada 11 Agustus nanti jersey buatan Singo Edan Apparel (SEA) itu bisa didapatkan oleh para suporter.

Sejak dipublikasikan desainnya pada 29 Juli 2020, pro kontra terjadi di kalangan Aremania. Mereka yang pro ingin memberikan kontribusi kepada klub. Tidak masalah berapa pun harga dan desainnya, mereka tetap memesan. Terutama kolektor jersey yang banyak melakukan preorder.

Pihak official store Arema FC hanya membuat jersey itu sebanyak 500 buah. Mereka mengklaim sudah 300 jersey yang dipesan. Artinya, sudah lebih dari separuh terjual.

“Kami buat jersey spesial ultah ini limited edition,” kata manajer official store Arema, Tjiptadi Purnomo, pada Jumat (31/07/2020).

Sementara untuk Aremania yang kontra, bagian logo yang menjadi perdebatan. Ada tiga logo yang menempel di dada kiri.

Maksud Arema FC menempelkan tiga logo itu sebagai pertanda era keemasan Singo Edan. Dua logo di kanan dan kiri dipakai saat Arema juara Galatama 1993 dan juara ISL 2010. Adapun yang di tengah adalah logo Arema saat ini.

 

Penempatan Logo

“Saya agak risih dengan penempatan tiga logo itu. Saya pikir era kejayaan Arema juga pernah juara Piala Indonesia. Tapi kalau jadi perdebatan tidak aka nada habisnya. Kalau saya pribadi masih pilih jersey original musim ini,” kata Kristiawan, Aremania Jalur Gazza.

Tahun-tahun sebelumnya, Arema sering membuat merchandise spesial ulang tahun. Konsepnya hampir mirip. Sebelumnya, Singo Edan membuat t-shirt spesial ulang tahun. Khusus tahun ini diubah dalam bentuk jersey.