«

»

5 Pemain Timnas Indonesia yang Bertahan di Arema Bukan karena Materi

Arema Cronus — Arema FC berhasil mempertahankan lima pemain yang baru saja menyelesaikan pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021.

Kelima pemain itu adalah Kushedya Hari Yudo, Hanif Sjahbandi, M. Rafli, Feby Eka Putra, dan Bagas Adi Nugroho.

Dari kelima nama itu, Hanif dan Yudo sudah menandatangani perpanjangan kontrak. Adapun Feby, masih berstatus pemain pinjaman dari Persija Jakarta.

Sementara itu, Bagas baru akan menuju ke Malang pada Sabtu (13/3/2021), sedangkan Rafli masih memiliki sisa kontrak hingga akhir tahun ini bersama Tim Singo Edan.

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, memberikan apresiasi kepada lima pemain Timnas Indonesia yang tetap setia bersama Arema pada musim ini. Padahal, nama-nama tersebut mendapat godaan dari klub lain.

“Saya apresiasi pemain timnas dan lainnya juga. Sudah jadi rahasia umum jika nilai kontrak mereka musim ini turun. Kisaran 25 persen penurunan nilai kontraknya,” jelas Ruddy.

“Tetapi, mereka bisa mengerti kondisi saat ini. Arema termasuk klub yang paling terdampak dengan hilangnya pemasukan dari penonton (musim 2020 digelar tanpa penonton). Padahal musim 2019 lalu, Arema merupakan klub keempat dengan jumlah penonton tertinggi,” lanjut Ruddy.


Bukan karena Materi

Striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo

Itu artinya, deretan pemain Timnas Indonesia yang bertahan di Arema FC tidak semata melihat dari materi yang didapatkan.

Banyak faktor lain yang membuat mereka bertahan, mulai dari kedekatan dengan direksi dan manajemen, kesempatan bermain, dan popularitas.

Seperti diketahui, banyak pemain yang namanya makin berkibar saat bergabung dengan Tim Singo Edan.

Yudo misalnya yang mulai dilirik Timnas Indonesia setelah tampil apik pada awal musim 2020.

Meski potensinya sudah terlihat ketika membela PSS Sleman, tetapi Tim Garuda baru memanggilnya setelah membela Arema.


Berharap Tuah Dilatih Shin Tae-yong

Sejak Sabtu (13/3/2021), tiga pemain yang baru kembali dari Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021 sudah hadir dalam latihan Arema. Ketiga pemain itu adalah Feby Eka, Kushedya Hari Yudo, dan Hanif Sjahbandi.

Sementara itu, Bagas rencananya baru akan bergabung pada Minggu (14/3/2021). Di sisi lain, M. Rafli absen karena cedera lutut.

Ruddy berharap para pemain yang sudah hadir bisa langsung menyatu dengan tim. Justru mereka diharap bisa mendongkrak permainan Arema FC di Piala Menpora 2021 yang dimulai pada 21 Maret.

Apalagi, kelima pemain tersebut mendapat gemblengan dari pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong.

“Saya tahu sendiri program latihan timnas sangat berat. Sehari tiga kali dan itu berat. Mereka diharapkan segera latihan kembali di klub agar hasil latihan di Timnas Indonesia tidak hilang,” sambungnya.

Besar kemungkinan para pemain Timnas Indonesia mendapat posisi starter di tim Singo Edan. Yudo sebagai ujung tombak tim, Hanif sebagai gelandang jangkar, dan Feby di sektor sayap.

Sementara itu Bagas menempati stoper. Kebetulan bek asing Caio Ruan masih berkutat dengan cedera.